Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q4-2020

Smartphone Vivo

Ponsel pintar Vivo

Jakarta, Selular.ID – Sejak dua tahun lalu, persaingan pasar smartphone di Indonesia semakin ketat. Samsung yang mendominasi pasar sejak awal 2013 terpaksa bertekuk lutut di depan Oppo pada kuartal kedua 2019 (Canalys).

Tren ini berlanjut pada dua kuartal ke depan bahkan hingga 2020. Setelah Oppo, Vivo, Vivo pun berhasil menapaki posisi juara pada kuartal pertama 2020 (IDC Indonesia).

Hingga akhir tahun, Samsung tidak berhasil mengembalikan keadaan tersebut. Laporan Canalys terbaru menunjukkan raksasa Korea Selatan itu melambung ke No 5.

Menurut Canalys, 5 besar vendor smartphone di Indonesia periode Oktober-Desember 2020 masing-masing adalah Vivo, Oppo, Xiaomi, Realme, dan Samsung.

Di puncak, Vivo meraih 25% pangsa pasar, dengan pertumbuhan stabil, atau 0% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2019.

Mantan juara Oppo itu kini berada di posisi runner-up dengan persentase pasar 24% atau turun 9% dari kuartal yang sama di tahun 2019.

Dari data kuartal terakhir tahun lalu, Canalys mencatat, dua vendor smartphone yang fokus mengembangkan bisnisnya ke produk AIoT, Xiaomi dan Realme, meraih pangsa pasar yang sama yakni 15%.

Mantan penguasa pasar smartphone selama 6,5 ​​tahun di Indonesia ini mencatatkan penurunan tajam Samsung sebesar 45% dengan pangsa pasar saat ini hanya 14%.

Sedangkan vendor smartphone lain seperti Advan, Huawei, Infinix, dan lainnya, hanya menampung 7% pangsa pasar.

Sebagai perbandingan, di kawasan Asia Tenggara, daftar 5 Besar vendor Smartphone memiliki jawara dan runner-up yang sama dengan Indonesia, yakni Vivo dan Oppo yang sama-sama memiliki pangsa pasar 21%.

Kemudian di urutan ketiga ada Samsung 15%, Realme 13%, dan Xiaomi 12%, sedangkan vendor lain di luar Top 5 menguasai 18%.

Baca:  Tips Merawat Smartphone Agar Awet

Postingan Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia Q4-2020 muncul pertama kali di Selular.ID.