TikTok Dukung Kreator Melalui Program #SamaSamaBelajar

TikTok Dukung Kreator Melalui Program #SamaSamaBelajar

TikTok mendukung para pecinta fotografi dan videografi untuk mengembangkan dan berbagi ilmu yang bermanfaat dalam aplikasi, melalui program berbasis pendidikan #SamaSamaBelajar. Sebagai salah satu kategori edukasi terpopuler, konten #SamaSamaBelajar melibatkan kreator dengan berbagai latar belakang.

Apalagi saat pandemi COVID-19, konten fotografi dan videografik yang dihadirkan kreator di TikTok telah memberikan banyak manfaat bagi pengguna. Tidak hanya menambah efikasi diri, tetapi juga bermanfaat untuk promosi digital para pebisnis.

Sebagai platform inklusif, TikTok memberikan ruang bagi siapa saja untuk mengekspresikan diri dan menginspirasi orang lain. Salah satunya Mega Gumelar (@megaieo), seorang content creator sekaligus fotografer profesional yang turut menambah keragaman konten edukasi #SamaSamaBelajar di TikTok.

Bagi Mega, dunia pembuat konten bukanlah hal baru. Awalnya, wanita yang berdomisili di Bali ini memasuki dunia digital sebagai beauty influencer. Namun, stigma dan tekanan sosial tentang kecantikan membuat Mega merasa tidak nyaman dan mendorongnya untuk mencari platform yang bisa menerima nilai-nilai otentiknya.

“Selama pandemi, saya mencoba menjelajahi TikTok dan menyadari bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berbagi konten di platform ini. Akhirnya saya putuskan untuk memperkenalkan diri sebagai fotografer profesional, sebuah identitas yang belum pernah saya ungkapkan sebelumnya di platform lain, "kata Mega.

Mega menambahkan, ia menyisipkan pandangannya dalam konten TikTok tentang makna keindahan, bahwa kita semua memiliki keunikan masing-masing untuk disyukuri. Hebatnya lagi, konten foto yang dibagikan oleh Mega disambut baik oleh komunitas TikTok.

Hal yang sama terjadi pada pencipta Daffa Urrofi (@urrofi_). Pembuat konten yang juga pekerja lepas di bidang videografi ini merasa TikTok adalah tempat yang tepat untuk belajar dan mengembangkan dirinya. Ekosistem unik TikTok memungkinkan video siapa pun dapat ditemukan dengan mudah.

Baca:  Lumen 8 – Membuat Program CRUD (Create, Read, Update, Delete)

Ditambah alat pengeditan video di aplikasi yang membantu Urrofi membuat konten informatif secara praktis. Berawal dari mengunggah konten videografik pertama di TikTok pada pertengahan tahun lalu, video Urrofi ini mendapat sambutan positif dari pengguna lain.

Hal ini kemudian memicu Urrofi untuk terus mengeksplorasi TikTok dan melakukan yang terbaik untuk membuat konten videografik lebih rutin. Melalui berbagai upaya tersebut, akhirnya Urrofi terpilih menjadi salah satu nominasi Best of Technology pada TikTok Awards Indonesia 2020 beberapa waktu lalu.

Kedua kreator mengakui bahwa konsistensi menghadirkan konten yang berkualitas dan informatif melalui program edukasi #SamaSamaBelajar di TikTok juga membuka peluang karir dan bisnis mereka. Mega mengaku bertekad mengembangkan profesinya saat ini dengan membuka studio fotografi

Sementara itu, Urrofi juga mengaku menerima tawaran kerja sama dari berbagai merek Tanah Air, seperti otomotif, travel, fashion, dan teknologi. Semua merek tersebut melihat konten videografi pendidikan yang diberikan oleh Urrofi melalui tagar #SamaSamaBejalar.

Program TikTok #SamaSamaBelajar merupakan program edukasi yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2020, dengan berbagai konten yang menginspirasi dan informatif, mulai dari ilmu umum, kesehatan, bahasa asing, hingga fotografi.

Hingga saat ini, tagar #SamaSamaBelajar telah ditonton 56,4 miliar kali, termasuk kompetisi edukasi TikTok #TauGaSih yang baru saja berakhir dan mendapat 2,7 miliar views. TikTok juga berjanji akan terus mendorong penggunanya untuk menghadirkan konten positif yang bermanfaat bagi banyak orang.