Redmi Note 9T, Smartphone 5G Murah Xiaomi Mulai Rp3 Jutaan

Redmi Note 9T 5G
Redmi Note 9T 5G

Xiaomi baru saja memperkenalkan dua smartphone terjangkau dalam seri Redmi. Keduanya diluncurkan secara global, berbeda dengan beberapa seri sebelumnya yang rilis khusus untuk pasar lokal asal merk tersebut. Selain Redmi 9T, Xiaomi juga mengumumkan Redmi Note 9T 5G, dengan fitur keunggulan yang ada pada namanya.

Smartphone ini bakal jadi penawaran paling murah dari Xiaomi, agar konsumennya yang tersebar di seluruh dunia bisa menikmati benefit dari konektivitas 5G. Dan lagi-lagi, bila terlihat familiar, sangat wajar mengingat Redmi Note 9T 5G pada dasarnya adalah Redmi Note 9 5G yang rilis di China. Namun dengan sedikit perubahan, seperti pada spesifikasi kamera.

Desainnya sendiri terlihat cukup segar, dengan bodi belakang yang dirancang unibody dan miliki lengkungan 3D. Materialnya sendiri plastik polikarbonat, namun diberikan tekstur agar tidak terasa licin. Xiaomi Redmi Note 9T 5G hadir dalam dua opsi warna; Nightfall Black dan Daybreak Purple.

Baca juga: Xiaomi Redmi 9T, Smartphone Rp2 Jutaan yang Punya Sensor NFC

Spesifikasi Redmi Note 9T 5G

Redmi Note 9T 5G

Untuk panel depannya sendiri, dimensinya 6,53 inci dengan resolusi full HD+ dan refresh rate 60Hz. Tergolong sangat standar untuk smartphone kelas entri saat ini. Namun setidaknya Xiaomi memberikan proteksi Corning Gorilla Glass 5. Layar tersebut juga sudah mendapat sertifikasi dari TUV Rheinland demi keamanan mata saat menonton berlama-lama.

Redmi Note 9T 5G juga cocok untuk digunakan menikmati konten multimedia. Pasalnya smartphone ini juga sudah mendukung Widevine L1 untuk kualitas streaming tingkat HD, plus setup speaker stereo. Dengan begitu, bakal cukup nyaman tanpa menggunakan earphone sekalipun, meski disediakan jack audio 3,5mm di bodi bawah.

Prosesornya sendiri gunakan milik MediaTek, yaitu Dimensity 800U yang dikenal cukup powerful dengan fabrikasi 7nm hemat data. Kapasitas RAM-nya 4GB, dengan pilihan memori 64GB/128GB berjenis UFS 2.2. Dengan prosesor tersebut, smartphone ini mendukung konektivitas dual 5G secara simultan, pertama di seri Redmi Note.

Baca:  Konfigurasi Tiga Kamera Belakang OPPO A15 Diungkap

Perbedaan dari Redmi Note 9 5G yang dirilis di China terdapat pada setup kameranya. Untuk versi global, selain sensor utama 48MP, Xiaomi benamkan dua sensor 2MP yang berfungsi untuk macro dan depth sensor. Alias tidak ada sensor ultra wide-angle pada smartphone ini. Namun fitur lainnya seperti mode malam dan Pro + RAW masih disediakan, plus kamera 13MP di depan.

Kapasitas baterainya sendiri juga tergolong besar di 5,000 mAh, sudah mendukung fast charging 18 watt dan disertakan adapter 22,5 watt dalam paket penjualan. Xiaomi janjikan baterai Redmi Note 9 5G sanggup bertahan hingga 3 tahun pemakaian, tanpa perubahan kapasitas yang signifikan.

Harga Xiaomi Redmi Note 9T 5G

Xiaomi Redmi Note 9T 5G

Dan menjadi smartphone yang bakal dirilis secara global, Xiaomi juga bakal berikan sensor NFC pada smartphone ini. Redmi Note 9T bakal dibanderol mulai dari 229 Euro atau sekitar Rp3,9 jutaan. Namun pada penjualan pertama, serupa dengan Indonesia, dijual dengan harga awal 199 Euro (Rp3,4 jutaan).

Redmi Note 9T bakal hadir di beberapa toko ritel daring pihak ketiga seperti Amazon. Belum ada informasi apakah bakal dijual di wilayah regional Asia termasuk Indonesia.