Kominfo Garap Aturan Teknis Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio

Kominfo Garap Aturan Teknis Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio

Jakarta, Selular.ID – Menindaklanjuti arahan kebijakan dan strategi transformasi digital dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, serta mengantisipasi perkembangan teknologi penyiaran dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2020 tentang Penciptaan Kerja.

Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini sedang membuka konsultasi publik rancangan Peraturan Menteri (RPM) mengenai rencana induk (Masterplan) dan ketentuan teknis penggunaan spektrum frekuensi radio untuk keperluan radio siaran terestrial pada pita frekuensi radio frekuensi sedang dan sangat pita frekuensi radio II pita frekuensi tinggi.

Baca juga: Kominfo Tetapkan Telkomsat untuk Menempati Slot Orbit Premium

RPM ini disusun sebagai penyempurnaan dari Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika yang mengatur tentang masterplan frekuensi radio untuk keperluan penyelenggaraan modulasi amplitudo (AM) siaran radio pada frekuensi menengah (MF) dan peraturan Kementerian Komunikasi dan Informatika. yang mengatur rencana induk frekuensi radio untuk keperluan penyelenggaraan radio siaran modulasi frekuensi radio (FM). ).

Pita frekuensi radio yang diatur untuk keperluan radio siaran terestrial antara lain pita frekuensi radio Frekuensi Menengah (MF) pada rentang frekuensi radio 526,5 kHz hingga 1606,5 kHz, dan pita frekuensi radio Band II frekuensi sangat tinggi yang berada pada rentang frekuensi radio 87 MHz hingga 108 MHz.

Sedangkan teknologi yang diatur untuk kebutuhan radio siaran terestrial mencakup standar teknologi berdasarkan modulasi amplitudo (AM) untuk radio siaran analog terestrial pada pita frekuensi Radio MF, teknologi berbasis modulasi frekuensi (FM) standar untuk radio siaran analog terestrial pada Frekuensi Radio VHF Band II Standar teknologi berbasis Band and Digital radio mondiale (DRM) untuk radio siaran digital terestrial pada pita frekuensi radio MF dan pita frekuensi radio VHF band II.

Baca:  Kominfo Akan Fokus Bangun Jaringan 4G Tahun Depan

Baca juga: Kominfo fokus pada pengelolaan spektrum frekuensi pada 2021

Nantinya RPM ini akan mencabut Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2014 tentang Rencana Induk Frekuensi Radio Untuk Tujuan Penyelenggaraan Modulasi Amplitudo Siaran Radio (AM), pada Pita Frekuensi Radio Frekuensi Menengah (MF) 535 kHz-1605.5 kHz dan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Induk Frekuensi Radio Dalam Rangka Penyelenggaraan Modulasi Frekuensi Siaran Radio.

Postingan Kominfo tentang Aturan Teknis Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio muncul pertama kali di Selular.ID.