12 Ide Cemilan Sehat Untuk Vegetarian Yang Tinggi Protein

Apakah Anda vegetarian? Jika iya, Anda mungkin sudah tahu bahwa pola makan yang hanya berdasarkan pada makanan nabati adalah vegetarian. Vegetarian juga merupakan pola makan yang menghindari konsumsi makanan dari daging sapi, ikan, unggas dan kerang. Meski demikian, ada beberapa ide snack sehat untuk vegetarian yang tinggi protein dan enak serta sederhana.

Seorang vegetarian biasanya hanya mengkonsumsi tumbuhan, beberapa diantaranya adalah gandum, kacang polong, kacang-kacangan, biji-bijian, ragi, jamur, buah-buahan dan sayuran. Nah, bahan-bahan tersebut bisa diolah menjadi camilan sehat yang lezat melalui beberapa resep camilan vegetarian yang harus Anda ketahui. Apalagi bagi Anda yang bervegetarian namun memiliki hobi ngemil.

Seperti yang kita ketahui, pola vegetarian bermanfaat untuk kesehatan. Mungkin bagi sebagian orang yang baru mengenal pola vegetarian ini akan merasa kesulitan. Namun, Anda akan dapat menikmati prosesnya dengan mudah jika mengetahui rekomendasi makanan lezat dan bebas lemak berikut ini.

12 Ide camilan sehat untuk vegetarian yang tinggi protein

1. Salad

Salad merupakan kreasi makanan yang sangat cocok untuk Anda yang bervegetarian. Salad bisa dipadukan dengan berbagai macam bahan mulai dari buah-buahan hingga sayur mayur. Anda juga bisa menambahkan kacang agar lebih gurih. Selain itu jangan lupa tambahkan mayonaise. Salad yang lezat dengan paduan buah dan sayur yang Anda sukai dan siap dinikmati.

2. Roti gandum

Seperti yang kita ketahui, roti gandum memang berbeda dengan jenis roti yang biasa kita jumpai. Roti gandum lebih sehat. Roti gandum juga bisa dibuat dengan menambahkan beberapa jenis topping yang sesuai.

Anda juga bisa menambahkan beberapa potong pisang atau jenis buah lainnya agar lebih nikmat. Dan yang tak kalah pentingnya, kandungan serat yang tinggi pada roti selai kacang whole grain bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

3. Kacang panggang untuk vegetarian

Kacang biasanya digunakan sebagai camilan ringan, nonton TV atau bersantai. Nah, kacang-kacangan adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang vegetarian karena mengandung protein, mineral dan serat. Ada banyak jenis kacang panggang yang bisa Anda nikmati sebagai camilan sehat. Beberapa di antaranya adalah almond dan kenari.

4. Yoghurt kedelai

Kebanyakan orang menyukai yogurt, bagaimana dengan Anda? memang pada umumnya yogurt terbuat dari susu sapi, jadi untuk vegetarian makanan ini kurang cocok. Namun tahukah anda? yang sebenarnya ada yogurt susu non sapi, tapi terbuat dari kacang kedelai.

Jadi, Anda yang vegetarian juga bisa menikmati yogurt kedelai yang rasanya enak.

5. Asinan buah atau sayur

Makanan acar yang terbuat dari buah dan sayur biasanya sangat cocok dinikmati saat matahari sedang terik dan cuaca sedang terik.

Bagaimana bisa? Asinan buah dan sayur benar-benar bisa menyegarkan tenggorokan. Nah, acar ini bisa menjadi camilan bagi para vegetarian. Asinan tersedia dalam dua jenis sajian, yaitu asinan buah dan asinan sayur.

Tidak hanya dibedakan berdasarkan bahan utama yang digunakan tapi juga kuahnya. Jika asinan sayur menggunakan bumbu kacang, acar buah menggunakan saus yang lebih beraroma, seperti campuran rasa yang agak asam, pedas, atau manis.

6. Gethuk

Siapa yang tidak kenal dengan makanan tradisional yang satu ini? Ternyata gethuk bisa dijadikan camilan sehat dan juga bikin kenyang. Gethuk sendiri berbahan dasar singkong yang memiliki kandungan karbohidrat 98%. Selain itu, kandungan gulanya tidak setinggi beras. Bisa dibuat sendiri di rumah, karena bahan dan cara membuatnya juga sangat mudah.

Baca:  Jenis Tanaman Sirih Gading Yang Harus Kita Ketahui

7. Wedang Tahu

Kamu mungkin belum terlalu familiar dengan wedang lho? Wedang tahu sendiri merupakan minuman tradisional yang cukup terkenal di kota Semarang, Jawa Tengah.

Minuman ini terbuat dari bunga tahu yang disajikan dengan kuah jahe pedas. Anda akan melihat bahwa tahu itu sendiri memiliki tekstur yang lembut mirip dengan puding susu dan bahkan lebih nikmat dengan kuah jahe.

8. Pisang penyet

Pisang pada umumnya sangat cocok untuk makanan penutup setelah makan, namun buah tropis ini juga bisa dikreasikan dan diolah menjadi camilan sehat. Bagaimana caranya? Anda bisa mengubah pisang menjadi pisang penyet. Jenis pisang yang cocok untuk pembuatan pisang penyet adalah jenis pisang yang dibakar kemudian diratakan dan ditambahkan topping sesuai selera anda.

9. Tahu panggang

Tak hanya daging yang bisa dibakar, para vegetarian juga bisa menikmati makanan panggang yang enak berupa tahu. Melalui olahan kedelai ini, Anda dapat memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh Anda.

Tahukah anda, dalam 142 gram tahu atau sekitar 2 potong tahu ukuran sedang, terdapat 11 gram protein yang bisa Anda dapatkan.

10. Granola

Granola merupakan salah satu makanan yang kini menjadi trend di kalangan pecinta makanan sehat. Granola memiliki kandungan protein nabati yang tinggi dan serat yang tinggi. Jika belum tahu makanan apa itu granola, coba buat. Jajanan ini sendiri terbuat dari kacang-kacangan, biji oat, biji-bijian, buah-buahan kering dan lain sebagainya.

Granola semakin nikmat dengan tambahan madu, susu atau sirup maple sesuai dengan keinginan Anda. dengan bahan-bahan yang sehat ini akan bersatu menciptakan cita rasa yang nikmat dan sayang untuk dilewatkan para vegetarian.

11. Aneka Tempe

makanan yang berasal dari tempe yang kita kenal dari kedelai ini tentunya memiliki kandungan protein yang tinggi. Beragam olahan makanan tempe seperti mendoan, tempe bakar juga cukup menarik untuk Anda sebagai camilan sehat vegetarian yang tinggi protein.

12. Keju Mozarella

Mungkin ada sebagian orang yang beranggapan bahwa keju bisa bikin gemuk. Namun ternyata keju merupakan salah satu makanan tersehat, salah satunya jenis keju keju mozzarella terbaik.

Keju dianggap tinggi kalori dan lemak. Faktanya, keju kaya akan nutrisi dan baik untuk diet. Selain kandungan protein dan kalsiumnya yang tinggi, keju keju mozzarella juga memiliki kalori yang cukup rendah. Dalam 100 gram keju keju mozzarella hanya mengandung sekitar 250 kkal kalori.

Uraian di atas merupakan informasi terbaru mengenai sederet jajanan sehat inspiratif yang tinggi protein untuk vegetarian. Siapa bilang vegetarian tidak punya banyak pilihan makanan dan camilan? Anda memiliki banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Ingin hidup sehat? Ikuti tip, trik, dan informasi kesehatan terbaru di notessehat.com Dengan demikian para vegetarian tidak perlu khawatir jika ingin banyak ngemil. Anda bisa menikmati makanan sehat yang telah disebutkan di atas tanpa perlu khawatir merusak pola makan sehat yang telah Anda terapkan. Mulailah dengan menjalani gaya hidup sehat dengan menu makanan pilihan Anda. Semoga bermanfaat.

Pos 12 Ide Camilan Sehat Untuk Vegetarian Protein Tinggi muncul pertama kali di Dunia Teknologi.